Ini Dia Alasan Kenapa Laguna Glagah Adalah Destinasi yang Wajib Kamu Sambangi Saat di Jogja

1 comment
W

isata dan Jogja, adalah dua hal yang susah untuk dipisahkan. Beragam destinasi wisata menjadi magnet bagi daerah ini. Salah satu yang belakangan sering berseliweran di media sosial adalah Laguna Glagah, spot wisata yang terletak tak jauh dari Pantai Glagah Indah, Kulonprogo, Yogyakarta.

Laguna glagah indah

Secara pribadi, saya pun mengakui, tempat ini asyik. Ekonomis, tapi cantik. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat Laguna Glagah Indah ini recommended untuk disinggahi saat di Jogja:

Laguna Glagah Indah, Mudah Untuk Dijangkau

Destinasi wisata alam Laguna Glagah Indah berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, atau sekitar 40 km arah barat pusat kota Yogyakarta. Selain itu, posisi Laguna Pantai Glagah  juga sangat dekat dengan Yogyakarta Internasional Airport. Jadi, seandainya teman-teman memasuki Jogja dari jalur udara, Laguna Glagah ini bisa banget dijadikan persinggahan pertama, atau malah yang terakhir.  

Pun kalau teman-teman memulai perjalanan dari kota Yogyakarta. Lokasi Laguna Glagah Indah mudah sekali ditemukan dengan bantuan aplikasi peta, dengan jalur jalan yang mulus, datar tanpa banyak kelokan ataupun tanjakan  dan juga lebar. Jadi, aman untuk teman-teman yang sering bermasalah dengan kondisi mabuk kendaraan.

Kawasan Pantai yang Teduh

Banyak orang menjadi segan berwisata ke kawasan pantai, karena cuacanya yang cenderung panas. Tapi, image pantai sebagai kawasan yang panas  akan hilang bila kita datang ke kawasan laguna Pantai Glagah ini.

Sebagai informasi, laguna di kawasan Pantai Glagah Indah ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu laguna bagian timur dan laguna bagian barat. Keduanya, teduh karena banyak ditanami tanaman perindang.

Kata “laguna” sejatinya berasal dari kata dalam bahasa Italia, laguna, yang berarti kolam atau danau. Atau bisa juga  diartikan sebagai perairan yang dipisahkan dari perairan yang lebih besar oleh penghalang alami. 

Daya tarik laguna glagah indah
Ada banyak cara menikmati suasana di laguna ini, tergantung preferensi masing-masing tentunya. 


Untuk Laguna Glagah Indah sendiri, laguna terbentuk dari cekungan, yang kemudian terisi air laut yang pasang. Lama kelamaan, cekungan membentuk semacam telaga yang luas, berair tenang, dengan tepian yang subur dan rindang oleh ratusan pohon cemara udang.  

Satu Tempat Wisata, Dengan Banyak Kegiatan Pilihan

Karena suasana yang teduh dan asri,  maka banyak aktivitas santai yang kerap dijadikan pilihan pengunjung. Di akhir pekan, banyak yang sengaja mendirikan tenda dan nge-camp di seputaran telaga, dan juga memancing. Banyak pula rombongan keluarga yang datang dan berwisata dengan format liburan gelar tikar, menikmati bekal, dan santai-santai menikmati suasana.  

Rekomendasi wisata alam kulonprogo
Mau format liburan santai di pantai ala kaum rebahan begini? Bisa banget


Tak hanya bisa memanjakan mata, wisatawan pun bisa berwisata kuliner dengan menyantap aneka masakan seafood dan membelinya di warung-warung yang banyak berdiri di sepanjang  tepian laguna. Selain itu ada cara seru yang sayang banget kalau nggak  dicoba yaitu mengelilingi Laguna Glagah Indah dengan perahu mesin. Jadi teman-teman bisa berkumpul di dermaga yang ada, kemudian naik ke perahu-perahu wisata yang tersedia dan mengelilingi laguna hanya dengan biaya 10.000 rupiah per pengunjung. 

Masih ada lagi, kalau ingin berganti suasana dengan suasana pantai yang sebenarnya, teman-teman tinggal berjalan kaki menyusuri laguna menuju ke dermaga Pantai Glagah Indah dengan pemandangan khasnya, tetrapod. Meskipun fungsi utamanya adalah melindungi garis pantai dari abrasi dan erosi, nyatanya keberadaan tetrapod ini menciptakan view unik dan menarik.

Dermaga pantai glagah indah kulonprogo
Dari Laguna Barat ke dermaga ber tetrapod ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tidak jauh, sekitar15-20 menit.


Pesona pantai glagah Indah
Menikmati kebersamaan bersama teman,  mengabadikan kenangan 😊


Harga Tiket Masuk Ramah di Kantong

Kalau besaran harga tiket masuk menjadi salah satu pertimbangan aktivitas wisata, maka teman-teman tak perlu khawatir dengan biaya tiket masuk ke kawasan Laguna Pantai Glagah Indah ini. Untuk bisa menikmati kawasan Pantai Glagah Indah (termasuk bagian Laguna) pengunjung hanya dikenai biaya masuk sebesar 5000 rupiah plus biaya parkir. Sangat ekonomis bukan? Apalagi, fasilitas penunjang di tempat ini bisa dikatakan semua ada, mulai tempat makan, sarana MCK, dan juga musholla. Jadi, tunggu apa lagi? 

Related Posts

1 comment

  1. Ohh JD Ini danau yg terisi air laut ya mba. Ya ampuuun butuh berapa lama sampe airnya bisa penuh begini yaaa.

    Naah kalo tempatnya sejuk begini aku sukaaa. Aku tuh malesnya kalo ke pantai yg panas aja 😄.

    ReplyDelete

Post a Comment